pemerintahan

[Pemerintahan][bleft]

karang taruna

[Karang Taruna][threecolumns]

bisnis

[Bisnis][grids]

kesehatan

[Kesehatan][twocolumns]

85% Sawah Di Desa Caturharjo Sudah Ditanami Padi

Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman memiliki areal sawah seluas 350 hektar. Areal sawah tersebut tersebar di 20 pedukuhan yang berada di wilayah pemerintahan Desa Caturharjo. Pada musim tanam Desember 2011 ini, 85% sawah di Desa Caturharjo Sleman sudah ditanami padi.

Sawah di Selatan Pedukuhan Jetis, Desa Caturharjo, Kecamatan Sleman

Sebagian besar sawah di Desa Caturharjo merupakan sawah yang hanya dapat ditanami padi pada musim penghujan karena tidak adanya sistem irigasi yang dapat mengalirkan air sepanjang tahun. Sistem irigasi di Desa Caturharjo akan selalu mengalirkan air pada musim penghujan. Sebaliknya, di musim kemarau, air dibagi kepada para petani yang membutuhkan dengan sistem penjadwalan. Sifat areal sawah yang seperti itu membuat para penggarap sawah di Desa Caturharjo melakukan pergiliran tanaman. Pada musim penghujan sawah ditanami padi dan pada musim kemarau ditanami aneka palawija, kol atau tembakau.


Kepala Bagian Pembangunan Desa Caturharjo, Nur Kriswanto, menginformasikan bahwa pada musim tanam Desember 2011 ini sudah 85% sawah di Desa Caturharjo yang ditanami padi. "Luas sawah 350 hektar. 85% sudah ditanami padi." Demikian sms Pak Makmur Caturharjo kepada Caturharjo.com.

Pada masa panen nanti, apabila hanya 85% sawah yang ditanami padi, diharapkan sawah di Desa Caturharjo akan menghasilkan padi sebanyak 1.785 ton.
Post A Comment
  • Blogger Comment using Blogger
  • Facebook Comment using Facebook
  • Disqus Comment using Disqus

1 comment :

  1. Saya berharap sawah seluas 350 hektar tsb tidak berubah peruntukkanya.
    Pada suatu saat nanti beras akan semakin mahal karena Orang Jepang,Afrika,Asia bahkan orang Amerika pun sekarang makanan pokoknya Nasi.
    Nah klo lahan persawahan di Indonesia semakin berkurang setiap tahunnya krn berubah peruntukan, bisa di bayangkan 20 tahun kedepan akan terjadi krisis pangan, kalo tidak segera di buka lahan baru untuk pertanian.

    ReplyDelete


keagamaan

[Keagamaan][bleft]

kebudayaan

[Kebudayaan][grids]

kemasyarakatan

[Kemasyarakatan][bleft]

kuliner

[Kuliner][twocolumns]