Breaking News

Sarasehan Bersama Dinas Pariwisata Kabupaten sleman dan pelatihan instruktur outbond Karang Taruna Caturharjo

Minggu 30 April 2017

Salam Adhitya karya mahatva yodha.
Karang Taruna Caturharjo mengadakan kegiatan sarasehan bersama Dinas Pariwisata Kabupaten sleman dan pelatihan instruktur outbond yang kami laksanakan di gedung sekolah Dasar Mangunan.
sarasehan yang mengambil tema " Bersama Pemuda wujudkan desa wisata,Caturharjo Jaya" ini di hadiri oleh perwakilan- perwakilan pemudaemudi se-Desa Caturharjo dan juga pemerintah Kecamatan sleman dan pemerintah Desa Caturharjo serta para pelaku kerajinan yang ada di Desa Caturharjo.
kegiatan dimulai pada pukul 09.00 WIB dengan urutan acara:

Pembukaan
Menyanyikan lagu wajib Indonesia Raya
Menyanyikan Mars Karang Taruna
Sambutan Ketua panitia
Sambutan kepala Desa Caturharjo
Adapun sambutan kepala Desa Caturharjo ( Bapak Muh Rifangi) sangat mendukung adanya kegiatan sarasehan dan juga pelatihan instruktur outbond, dengan harapan setelah adanya kegiatan ini bisa menambah pengetahuan para peserta dalam hal pariwisata khususnya tentang desa wisata, dan juga mengharap kepada para pemuda untuk lebih kreatif dan juga aktif dalam pembagunan di dusunnya masing-masing atapun di Tingkat desa dalam wadah Karang Taruna.
Acara dilanjutkan dengan sarasehan kepariwisataan yang di sampaikan oleh Ibu Safitri dan Ibu  Yoman  dalam materinya banyak hal yang harus di perhatikan jika kita mau membuat desa wisata, yaitu:

1.cirikas daerah tersebut
2. masih adakah tradisi Gotong Royong
3. adakah kesenian yang menjadi kegiatan sehari- hari bukan hanya saat di butuhkan saja.
4.bisakah mewujudkan rasa nyaman bagi tamu.
5.Dukungan penuh Pemerintah desa.
Jika bisa dinas pariwisata siap mendampingi desa tersebut apalagi jika program itu bisa keluar dari keputusan RPJMDes dan RPJMKecamatan, pasti dinas pariwisata akan langsung menindak lanjuti kegiatan  tersebut.
Kegiatan di lanjutkan dengan sesi ke dua  pelatihan instruktur outbond yang disampaikan oleh Eka Sastra dari Karang Taruna sardonoharjo. Pertama kegiatan di dalam ruangan dengan materi leadership (kepemimpinan) karena dalam menjadi seorang instruktur outbond diharuskan menguasai atau mempunyai keahlian dalam hal kepemimpinan karena berkaitan erat dengan sistem komando.
Kegiatan dilanjutkan di luar ruangan yaitu kegiatan mencoba menjadi instruktur outbond dengan mencoba mempraktekan permainan dalam outbond.
Kegiatan di akhiri dengan menyanyikan lagu Bagimu Negri yang kemudian di tutup dengan do'a.
Sekian Laporan redaksi kami semoga bisa menjadi informasi bermanfaat bagi para pembaca.

Salam Adhitya karya mahatva yodha
 
 
 
 
 
 
 

1 comment: