Breaking News

Menghidupkan Kembali Kejayaan Kelompok Perikanan Tirta Mina Raharja

Pada era 1980-an, Kelompok Perikanan Tirta Mina Raharja pernah jaya. Kelompok budidaya ikan air tawar yang dibina oleh Ir. Darsono Urip itu mampu membuat Pedukuhan Jetis beberapa kali menjadi pemberitaan surat kabar dan bahkan pernah beritanya disiarkan di TVRI Yogyakarta pada saat Wakil Gubernur Kepala Daerah Istimewa Yogyakarta waktu itu, almarhum Sri Paduka Paku Alam VIII mengunjungi lokasi kolam Tirta Mina Raharja.

ikan nila

Kini, beberapa warga Pedukuhan Jetis, Caturharjo, Sleman berusaha mengembalikan kejayaan Kelompok Perikanan Tirta Mina Raharja. Ada 14 orang warg yang membentuk kembali kelompok perikanan tersebut dengan diketuai oleh Bapak Sokidi. Jumlah kolam yang dibuka sebanyak 17 kolam. Ada pun jenis ikan yang ditanam adalah nila, bawal dan braskap.

“Apabila ada lagi yang berminat untuk bergabung, kami siap menerima dan areal kolam pun bisa diperluas,” demikian Pak Sokidi mengungkapkan kepada Caturharjo.com.

Hasil panen ikan kelompok perikanan Tirta Mina Raharja ini dijual bebas. “Siapa saja yang ingin membeli ikan air tawar dapat membelinya dari sini,” kata Pak Sokidi sambil menunjukkan ketujuh belas kolam yang semuanya sudah ditanami ikan. “Dalam setahun rencananya kami akan panen dua kali,” lanjutnya.

Lokasi kolam kelompok perikanan Tirta Mina Raharja berada di dekat Bendungan Jetis sehingga pada saat musim kemarau pun air dapat dialirkan ke areal kolam.

Kelompok perikanan ini mendapat binaan dari PPL Perikanan Kabupaten Sleman.

kolam perikanan tirta mina raharjakolam perikanan tirta mina raharjakolam perikanan tirta mina raharja

1 comment:

  1. Pak. rajin rajin posting tentang budidaya ikan ua.. sy hobby tapi di jakarta lahannya msh sempit, rencana mau bikin di kp..

    ReplyDelete